Posted by: chamatz | February 20, 2009

BBM udah lama turun, ongkos masih ada yg blm turun

Seperti yang sudah diumumkan sekitar beberapa minggu yang lalu, BBM sudah berhasil diturunkan. Seharusnya secara logika ongkos angkutan umum pun sudah turun. Namun, masih ada beberapa angkutan yang tidak turun. Harga ongkos masih seperti sewaktu BBM belum turun. Kalau kita tidak memberikan uang pas, jangan berharap lebih untuk mendapatkan kembalian yang semestinya. Mungkin saja kita harus bersikap tegas. “Bang, kurang gope nih, kan BBM udah turun.” Itulah perkataan seorang sahabat (Dhiemas RYS), di blognya.

Yang kualami mungkin juga dialami banyak orang juga. Ongkos angkutan umum tidak juga turun. Ya udah, jalan satu-satunya saya memberikan uang pas. Turun 500 untuk satu kali naik. Walaupun terkadang merasa kasihan juga. Mungkin saja 500 berarti baginya. Tapi, klo keadaannya begini terus, berarti ngga adil kan?? BBM turun, pasti ada trade off dari peristiwa tersebut. Terkadang malah harus ngotot juga bahwa ongkos turun. Sempat juga beradu mulut dengan sang sopir. “BBM udah turun, bang.” Maklum, anak kos, budgetnya juga cukup buat sehari-hari. Mayan kan gope dikumpulin bisa jadi goceng. Ibarat pepatah, dikit-dikit jadi bukit. Alon-alon asal kelakon. Walaupun ngumpulinnya pelan-pelan, ntar kelar juga kan ngumpulin duitnya. 🙂

Menurut pendapatku, saat BBM naik, pasti ongkos angkutan naiknya cepet banget deh. Sehari pas hari H, langsung deh ongkos naik. Bahkan langsung ditempel pengumuman, lengkap dengan tanda tangan beserta cap dari perusahaan angkutan umum tersebut. Eh, pas BBM turun, ongkos ngga kunjung turun juga. Coba aja liat, di angkot-angkot ngga ada satupun jarang yang menempelkan pengumuman tarif baru bahwa ongkos sudah turun. (Klo ada yang ngeliat, tolong kasih tau saya, biar saya ralat postingan ini).

Ini hanyalah opini saya saja. Mohon dimaafkan jika ada salah kata. Marilah kita berusaha untuk bersikap adil. Berfokus kepada BBM misalnya, jika BBM naik, walaupun berat hati ongkos makin mahal, saya harus menerimanya. Toh ngga ada yang bisa saya perbuat lagi kalo sudah keputusannya begitu. Namun, jika BBM turun, tolong donk pihak-pihak yang memiliki wewenang mengurusi angkutan, tolong beritahu kami sebagai penumpang bahwa ongkos sudah turun.

Kami kan juga penumpang setia angkutan umum.

Maju terus perangkutan Indonesia. Semoga lebih baik lagi.🙂
~revisi 1.1 untuk postingan ini


Responses

  1. makanan kantin aje kagak turun2,, gimana angkot,,,

    maklumlah,,,, semakin banyak orang mencari keuntungan😀

    Indra:
    iya ya…setiap orang tentunya ingin mencari keuntungan..
    tapi ya keadilan harus ditegakkan..
    ~apalagi buat pengguna angkot..🙂

  2. Kalo misalnya g mau bayar onkos BBM yang g turun2 mendingan tinggal yang deket ma kampus dunk, he..he

    ~peace mat

    Indra:
    iya bener tuh, setuju sama Ghafur…kan irit tinggal jalan kaki, ngga naek angkot..
    tapi sayang rumah masih jauh dari kampus..🙂

  3. Sedari dulu…..kawan…

    kalau naik ga mau turun….. (ongkos kan mirip politisi😀 )

    Indra :
    oh,,gitu ya…
    berarti ntar klo BBM naik lagi, ongkos bakalan naik lagi..
    wah..tega..
    klo turun ngga turun, klo naik tetep naik..

  4. blog walking mas camat..
    sukses buat blognya..
    mdh2an blognya tetep naek (kualitasnya), seperti harga BBM dahulu kala..hehehe…

    Indra :
    silakan…hati-hati di jalan ya..lho??🙂
    amiin..doakan saja ya, Asad..

  5. iya ndra..di jogja aj ongkos angkot ga turun2..pdhl uda 3x turun kan harga bbm-nya..

    Indra :
    iya bener…
    udah turun 3x, tapi masih ada aja yg ngga turun..

  6. Namanya juga pedagang…
    Adaaa ajah alasannya…

    Indra :
    ooh..gitu ya prinsip pedagang..
    hehe..🙂
    salam kenal ya..

  7. setuju kak indra,,
    sebagai anak yang tiap hari pergi pulang ke kampus naik angkutan umum.. kerasa banget kalo harga angkot ga turun..
    sebenarnya ada si kak yang turun..
    kereta ekonomi AC sekarang turun 500, kalo dulu 6000 sekarang 5500..
    bis 46 dari uki-grogol juga ada tempelan “Harga turun 500, jika tidak laporkan pada petugas”
    tapi.. karena fitri naik bis itu tujuannya dekat, jadinya tetep aja ga turun.. tetep bayar 1500 padahal dulu 1000..
    sedihnya kalo ga punya 500.. jadinya bayar 2000..😦
    tapi angkot2 jurusan kalimalang dah rela kok kak dibayar 3000 sampe rumah..

    Indra :
    iya bener, harus bayar dengan uang pas..
    ternyata, ada yang memasang pengumuman udah turun ya..saya belum tau..🙂
    thanks Fitri infonya..
    ~postingannya akan diralat..

  8. kalo kita tahu tarif sharusnya itu misal 1500,- . trus misal kita ngasih duit 2 buah lembar ribuan dgn diniatin sedekah 500, insyaAllah kita dapet pahala yg gede ndra, karena yg kita beri sedekah pun gak nyadar bhwa dia sdg disedekahi.

    “tangan kanan memberi, tangan kiri tidak melihat”

    ~just for share ilmu..
    ~blog walking..

    Indra : siip..siip…
    iya bener kata Juki, tp klo misalnya ntar BBM naik lagi, pasti harga naik lagi, padahal mah seharusnya ngga kan…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: