Posted by: chamatz | May 15, 2008

Hujan membasahi bumi…tentunya ada hikmah di balik itu…

Hujan yang turun di bumi ini. Ada yang senang, dan ada juga yang sedih. Lho..?? Koq klo turun hujan malah sedih. Bukannya hujan merupakan rahmat dari ALLAH swt.

Pertama, klo lagi jemur baju yg udah dicuci, terus hujan turun and kita blom sempet masukkin tuh baju apalagi bajunya itu udah mau kering…yah sedih jg degh…udah mau kering tp ngga sempet dilindungi tuh baju and kehujanan, yah nungguin kering lagi degh…(pengalaman anak kost2an…hahaha…) Yah mungkin itu juga salah kita juga kenapa ngga sempet dimasukkin ke dalam rumah tuh baju, kenapa masih nangkring di jemuran..Tp yg namanya manusia, wajar aja klo lupa ya…tp jgn sampe kebiasaan lho..bisa gawat..ntar malah kita lupa sama nama sendiri..haha…=p

Kedua, hujan yang kelamaan pun terkadang bisa menyebabkan banjir. Lho..?? Banjir koq malah nyalahin hujan ya…Khan ada juga karena campur tangan manusia itu sendiri yang menyebabkan banjir seperti buang sampah sembarangan, tidak membuat lahan penyaringan air dengan sempurna seperti banyaknya pohon2 yang ditebang, dll. Hal tersebut sesuai dengan firman-Nya :

“Telah tampak kerusakan di darat dan dilaut disebabkan perbuatan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Katakanlah : Adakanlah perjalanandimuka bumi dan perlihatkanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang dulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).” (QS Ar Rum : 41-42)

Karena perbuatan tangan-tangan manusialah, bencana alam yang seharusnya bisa dihindari ternyata malah menimpa manusia itu sendiri. Itu merupakan peringatan dari Allah kepada manusia yang telah menyia-nyiakan dan menyalahgunakan segala sumber daya alam yang telah disediakan untuk kita.
Terlepas dari itu semua, hujan merupakan rahmat bagi hamba-Nya yang selalu beryukur. Walaupun hujan yang lebat dan mungkin menghalangi kita untuk bepergian (apalagi pas pengen pulang, eh tiba-tiba hujan..=p) kita harus tetap bersyukur dan berdzikir kepada-Nya. Bahkan tumbuhan dan hewan pun selalu berdzikir kepada-Nya. Dengan turunnya hujan, mungkin saja tumbuhan dan hewan pada senang karena mendapat asupan air dari Sang Pencipta.

Hujan pun telah menumbuhkan tumbuh-tumbuhan yang sangat berperan penting di dalam kehidupan manusia. Bisa sebagai paru-paru kota, penyaring air, tempat berteduh dari teriknya matahari, bahkan bisa sebagai pelengkap sajian pada saat jam makan sebagai lalapan..(wuiihh..enak deh lalapan pake sambal…=p)

Selain itu, tumbuhan pun bisa menghasilkan buah-buahan yang tentunya kita pun bisa menyantapnya.

Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah , padahal kamu mengetahui” (QS Al Baqoroh : 22)

Karena itulah hujan pun harus tetap kita syukuri, karena banyak sekali rahmat dan rezeki yang diberikan Allah melalui hujan. Walaupun hujan deras datang menghampiri, kita harus tetap menyambutnya dengan penuh rasa syukur hanya kepada-Nya. Tentunya ada hikmah yang bisa diambil jikalau kita merasa “resah” terhadap hujan tersebut. (Misalnya karena hujan jalanan jadi becek, terus ga ada ojek…=p)


Responses

  1. Tulisan yang sederhana namun penuh makna dibaliknya..
    Benar-benar pantas untuk menjadi anggota Departemen Media Islam FUKI 08…

    ~Hehehehe…

  2. Amiinn…
    mudah-mudahan tulisan saya membawa manfaat bagi yang membacanya…

    ~Tenang Ber…chamz tidak akan mengecewakan di Medis..=p

  3. apalagi nginep d r.bem gara2 kejebak ujan. Trus dibeliin pilus lagi…senangnya…hehehehehe…=p

  4. halah…si ki Ringo ini…
    khan daripada diem lebih baik ngegayem pilus sambil ngerjain tugas..
    iya ngga Nggo…
    daripada perut kosong juga…haha..

  5. Hehe,, sering kali hal-hal yang jarang kita pikirkan ternyata memiliki banyak hal yang dapat dipetik..

    Terima kasih sudah mengingatkan..🙂

  6. Hujan adalah Rahmat,bahkan dalam hadits disebutkan bahwa barang siapa berdoa pada saat hujan maka DOA NYA DIKABULKAN,subhanallah.

    Yang terjadi di masyarakat justu kebanyakan mengeluh, diberi hujan mengeluh,diberi panas terik juga mengeluh… Apa kata Dunia ???

    Oh iya,bagi yang menggunakan air hujan untuk air minum sebaiknya di olah terlebih dahulu sebelum di minum karena PH nya rendah, Kunjungi :

    http://www.airminumisiulang.com/page.php?penyaring-air-dan-penjernih-air

    Semoga Bermanfaat


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: