Posted by: chamatz | January 19, 2008

Peristiwa 10 Muharrom

Sabtu, 10 Muharrom 1429 H

Pada hari ke 10-bulan Muharrom kita disunahkan untuk berpuasa. Kenapa? Hal ini bertujuan untuk menghormati anak-anak yatim yang sering merasakan kelaparan. Rasululloh Muhammad saw. menggemberikan anak-anak yatim pada saat 10 Muharrom. Membelikan baju, memberi makan anak yatim, dan banyak hal yang dilakukan Rasululloh untuk menghilangkan sedikit kesedihan yang dirasakan anak yatim pada saat itu.

Selain itu, tanggal 10 Muharrom merupakan tanggal bersejarah di dalam sejarah Islam. Pertama, Nabi Adam a.s. dan Siti Hawa, istrinya, dipertemukan kembali oleh Allah swt. pada tanggal 10 Muharrom setelah sekian lama berpisah sejak diturunkan ke bumi.

Kedua, Nabi Idris a.s. diselamatkan oleh Allah dari pengejaran kaumnya yg dhzolim dan ingin membunuhnya. Namun, Allah telah menyelamatkannya.

Ketiga, peristiwa Nabi Nuh a.s. yg dimakan ikan paus. Di dalam perut ikan paus tersebut, Nabi Nuh a.s. selalu berdoa kepada Allah swt. “Robbanaa dhzolamnaa anfusanaa wa in lam taghfirlanaa wa tarhamnaa lanaa kunannaa minal khosiriin”. Dan akhirnya Nabi Nuh a.s terselamatkan karena doanya didengar oleh Allah swt.

Keempat, peristiwa dibakarnya Nabi Ibrohim a.s. oleh kaumnya yg dhzolim. Api yg membakarnya diperintahkan oleh Allah agar tidak membakarnya dan malahan menyelamatkan Nabi Ibrohim. Dan akhirnya Nabi Ibrohim pun selamat.

Itulah sebagian peristiwa yg terjadi pada tanggl 10 Muharrom. Sungguh peristiwa yg sangat berarti untuk dikenang. Lalu, bagaimana dengan kita sendiri? Apa yg akan kita goreskan dalam sejarah kehidupan ini? Peristiwa apa yg kita goreskan pada tanggal 10 Muharrom? Mudah2an menjadi peristiwa yg baik dan diridhoi oleh Allah swt. dan dapat diteladani oleh orang muslim lainnya seperti cerita-cerita yg diatas. Amiin….

~ diambil dari beberapa sumber…

~ maaph jika ada kesalahan kata…


Responses

  1. Ayo, kalau ente sendiri ngapain pada tanggal 10 Muharram kemarin ???

  2. Palingan maen naruto arena…
    Ato ngurusin kecamatan seperti biasa…
    Hehehehe….

  3. @Dhiemas….
    ngapain yah….hohoho…ada deh…:D

    @Berli….
    ngga maen naruto lg,yeee…..

  4. Beljr mengambil hikmah dari perjuangan setiap perjlnan hidup hamba Allah yg mulia
    Yg berakhir dg kemenangan krn pertlgn Allah.

    Indra :
    amiin..mudah-mudahan Allah selalu memberikan yang terbaik buat kita semua..

  5. nah…gini nih cupang suka.Lagi nyari2 artikel tentang muharrom temu juga neh.thanks ya….kunjungi situsku om….www.cupangkolam.wordpress.com

    Indra :
    Ok, menuju ke tkp..🙂
    mudah-mudahan artikelnya bermanfaat..

  6. Ketiga, peristiwa Nabi Nuh a.s. yg dimakan ikan paus. Di dalam perut ikan paus tersebut, Nabi Nuh a.s. selalu berdoa kepada Allah swt. “Robbanaa dhzolamnaa anfusanaa wa in lam taghfirlanaa wa tarhamnaa lanaa kunannaa minal khosiriin”.
    koreksi :
    Kayaknya ada yang salah tuh : Yang dimakan ikan itu bukan nabi Nuh tapi nabi Yunus…
    Sedang do’a yang anda tulis itu, itu adalah do’anya nabi adam….

    Indra:
    terima kasih atas koreksinya…
    maaf atas kesalahan infonya..

  7. Koq NAbu Nuh sih yang dimakan ikan Hiu…..bukannya nabi Yunus……maaf terlalu lancang berkomentar…kami biasa memeriahkan 10 muharam dengan bikin bubur….namanya bubur sura….!!!

    Indra:
    siip..ngga apa2 koq…
    terima kasih atas koreksinya…

  8. Yang benar yang dimakan ikan Nun adalah Nabi Yunus AS, dan di dalam perut ikan itu beliau berdoa : “LAA ILAAHA ILLA ANTA SUBHAANAKA INNI KUNTU MINADHOLIMIN”.

  9. Dan pd haRI itu nabi musa dan kaum x di selamat kan oleh Allah dr kejaran tentara fir’aun yg akan membunuh nya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: